Blogger templates

Minggu, 20 November 2011

Wortel, Si Manis Kaya Khasiat

NGGAK cuma nikmat disantap sebagai makanan, wortel juga kaya manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Buah yang kaya vitamin A, C, K dan potasium ini layak dikonsumsi orangtua dan anak. Foto: IstimewaFoto: IstimewaWortel mampu mencegah penyakit jantung. Dalam sebuah studi di Wolfson Gastrointestinal Laboratorium di Edinburgh, Skotlandia mengungkapkan bahwa wortel mengurangi kadar kolesterol sebesar 11 persen jika mampu mengonsumsi 7 ons wortel mentah setiap hari. Seperti diketahui,  kolesterol tinggi merupakan faktor utama untuk penyakit jantung.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaBahkan sekelompok ilmuwan Swedia menemukan bahwa sayuran akar dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Sebuah studi yang dilakukan di Mario Negri Institut Penelitian Farmakologi di Italia juga menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak wortel memiliki sepertiga risiko serangan jantung dibanding mereka yang tidak atau sedikit mengonsumsi wortel.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaWortel juga mampu mencegah penyakit kanker. Peneliti Inggris menemukan bahwa wortel yang mengandung 3 miligram beta karoten mampu mengurangi resiko kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena dengan mengonsumsi beta-karoten 1,7-2,7 miligram sehari bisa mengurangi resiko kanker paru-paru lebih dari 40 persen.
Dalam sebuah studi, peneliti menemukan bahwa makan wortel kaya serat mengurangi risiko kanker usus besar sebanyak 24 persen. Studi lain menunjukkan bahwa perempuan yang makan wortel mentah 5-8 kali lebih mungkin terhindar dari kanker payudara daripada wanita yang tidak makan wortel.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaPenelitian lain juga menemukan bahwa orang yang makan banyak beta-karoten memiliki risiko empat puluh persen lebih rendah terkena degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sedikit.
Wortel juga meningkatkan ketajaman penglihatan. Defisiensi vitamin A dapat menyebabkan beberapa kesulitan melihat dalam cahaya redup. Karena wortel kaya akan vitamin A, jadi sangat baik untuk meningkatkan penglihatan.
Sebuah wortel sehari juga dapat mengurangi risiko stroke hingga 68 persen. Banyak penelitian yang memperkuat "efek wortel" pada otak. Tak cuma itu, wortel juga baik untuk regulasi gula darah karena adanya karotenoid dalam wortel. (Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar